Pantai Timang


Pantai Timang terletak diantara pantai siung dan pantai sundak Gunung Kidul, Yogyakarta. Kiria-kira 3 jam perjalanan dari Yogyakarta. Lokasi yang relatif terpencil dan akses yang sulit, membuat namanya kurang dikenal warga sekitar. Di sisi barat kita dapat melihat pantai dengan substrat berbatu terjal, sedangkan di sebelah timur dapat ditemui pantai berpasir seperti pantai di daerah pantai selatan pada umumnya.
Di sebelah selatan dapat kita lihat onggokan batu besar yang oleh masyarakat sekitar disebut watu panjang atau batu panjang. Ada pula tali yang menghubungkan batu tersebut dengan daratan, dilengkapi alat sederhana untuk menyeberang. TALI tambang plastik sepanjang 200 meter berumur tiga tahun itu menjadi satu-satunya gantungan hidup saat menjelajahi Pulau Panjang dengan menaiki “kereta” gantung dari Pantai Timang. Adrenalin yang terpacu menciptakan sensasi wisata ekstrem yang tidak bisa ditemukan di tempat lain selain di Gunung Kidul, DIY
Pulau Panjang adalah nama sebuah pulau kecil di seberang Pantai Timang,Purwodadi, Kecamatan Tepus. Pulau ini menjadi lokasi penangkapan lobster bagi warga sekitar.
Untuk memudahkan penyebrangan dari Pantai Timang menuju Pulau Panjang, maka dibangunlah “kereta” gantung dengan tali tambang sebagai relnya. Tukijan bersama lima temannya harus berenang di antara tebing curam dan melawan ganasnya ombak laut selatan untuk membuat jalur “kereta” gantung itu.
Awalnya mereka hanya memasang dua utas tambang menuju ke pulau tersebut dengan biaya Rp 900.000. Masing-masing tali memiliki panjang sekitar 200 meter dengan diameter empat senti meter.
Sebelum ada “kereta” gantung, Tukijan bersama tema-temanya kerap batal berburu lobster ke Pulau Panjang karena terhalang tingginya gelombang. Selain menjadi sarana mencari lobster, kursi gantung itu juga diminati wisatawan. Tukijan pun kerap mendapat penghasilan tambahan dengan menjadi operator kursi gantung bagi wisatawan.
Para pencinta olahraga off road dan pemancing yang kerap mengunjungi Pantai Timang adalah sedikit orang yang telah merasakan sensasi “kereta” gantung tersebut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar