Pusat Penjualan Buku Shopping Center

Melancong ke Kota Pendidikan Yogyakarta terasa kurang lengkap kalau belum mampir ke Pusat Penjualan Buku Yogyakarta, yang lebih dikenal dengan nama Shopping Center. Memasuki Jalan Sriwedari, deretan kios-kios yang memajang beragam buku akan langsung terlihat dalam pandangan mata. Keberadaannya sebagai pusat penjualan buku tak dapat dipisahkan dari status Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan, di mana terdapat puluhan bahkan ratusan perguruan tinggi negeri maupun swasta. Karena itu, Yogyakarta menjadi melting pot, kancah perjumpaan para mahasiswa yang datang dari pelbagai penjuru daerah di Indonesia dan bahkan dari Asia Tenggara. Selain itu, masyarakat Yogyakarta yang dikenal memiliki tradisi membaca cukup tinggi juga turut memberikan andil bagi keberadaan Shopping Center.

Hampir setiap hari Shopping Center selalu ramai dikunjungi calon-calon pembeli, terlebih lagi pada akhir pekan, yaitu Jumat hingga Minggu. Bahkan, tidak sedikit pula pembeli yang datang dari luar Kota Yogyakarta. Selain itu, Shopping Center dapat menjadi alternatif bagi para kutu buku ketika buku yang dicari tidak ditemukan di toko-toko buku lain.
Buku yang dijual di Shopping Center meliputi buku-buku baru hingga buku-buku bekas. Tiap kios memiliki spesifikasinya masing-masing, dari buku-buku umum bertema sosial, budaya, keagamaan, sastra, buku pelajaran, kamus, hingga novel, dan komik. Tak hanya itu, Shopping Center juga menyediakan berbagai kebutuhan untuk pelajar dan mahasiswa, mulai kliping berita atau artikel koran, makalah, skripsi bekas, hingga buku-buku penunjang sekolah maupun kuliah.
Soal harga, buku-buku di Shopping Center relatif lebih murah jika dibandingkan dengan harga di toko-toko buku lain. Mengapa? Karena umumnya, pedagang di Shopping Center hanya mengambil untung tipis, yakni antara 5 sampai 10 persen dari harga jual buku yang dipatok penerbit. Pemilik kios mengambil buku dari distributor atau agennya langsung dengan rabat (potongan harga) 25 sampai 35 persen. Para pembeli pun dapat melakukan tawar-menawar harga buku yang diinginkan. Hal inilah yang juga membedakan Shopping Center dengan toko-toko buku lainnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar