Makam Raja-raja Mataram


Kotagede merupakan sebuah kawasan yang terletak sekitar 10 km sebelah selatan Kota Yogyakarta. Dahulu, kawasan Kotagede merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Mataram Islam pada pertengahan abad XVI M. Di kawasan ini terdapat kompleks makam raja-raja Mataram, yang menjadi tempat dimakamkannya Panembahan Senapati, raja pertama Mataram Islam.
Kompleks Makam ini, berada sekitar 50 m sebelah selatan Pasar Gede, Kecamatan Kotagede. Selain terdapat makam Panembahan Senapati, di kompleks pemakaman ini juga terdapat makam keluarga raja lainnya.
Salah satu keunikan yang ada di kompleks pemakaman ini, adalah keberadaan makam yang hanya menguburkan setengah tubuh saja. Makam tersebut milik Kyai Wonoboyo Mangir, yang merupakan menantu sekaligus musuh dari Panembahan Senopati. Karena dianggap sebagai pemberontak, Kyai Wonoboyo Mangir dibunuh oleh Panembahan Senapati. Kepala Kyai Wonoboyo Mangir dibenturkan ke singgasana milik Panembahan Senapati, oleh panembahan sendiri. Tubuh Kyai Wonoboyo Mangir dimakamkan di dua tempat terpisah. Sebagian berada di dalam benteng makam, sebagian lain di luarnya. Ini sebagai lambang bahwa Kyai Wonobayo Mangir merupakan musuh sekaligus menantu dari Panembahan Senapati.
Banyak pengunjung, yang berziarah ke makam ini untuk memohon keselamatan. Usai memohon keselamatan, sebagian dari pengunjung melanjutkan dengan berendam di sendang yang berada di kawasan makam tersebut. Sendang ini, terbagi menjadi dua, yakni Sendang Kakung untuk para pria, dan Sendang Putri untuk para perempuan. Pengunjung yang berendam di sendang ini percaya bahwa dengan mandi di situ, penyakit yang tengah diderita dapat disembuhkan. Selain itu, banyak juga yang percaya jika air dari kedua sendang tersebut dapat membawa kesejahteraan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar