Kebun Binatang Gembiraloka

Kebun binatang yang dikenal dengan nama Gembiraloka ini merupakan kebun binatang satu-satunya yang ada di Kota Yogyakarta. Kendati berlaku sebagai kebun binatang, Gembiraloka masih tergolong sebagai sebuah  museum, yang masuk dalam kategori zoologicum  museum atau museum satwa, juga termasuk jenis museum khusus.
Tidak seperti kebun binatang pada umumnya yang hanya menampilkan satwa biasa maupun langka dalam display berupa kandang berjeruji besi  atau berpagar kayu, Gembiraloka juga menyajikan awetan-awetan kering beberapa 
binatang di dalam sebuah ruangan khusus yang menyerupai museum. Museum yang  menyuguhkan awetan-awetan binatang ini berada di tepi danau buatan di area  kebun binatang. Tak hanya bangunan khusus awetan, Gembiraloka pada tahun 2007 telah membangun sebuah laboratorium alam flora dan fauna sebagai media pembelajaran bagi masyarakat, utamanya anak-anak. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati berbagai jenis serangga dan satwa bertulang belakang (vertebrata) maupun tidak (avertebrata).
Kawasan kebun  binatang yang telah berusia lebih dari setengah abad ini dilengkapi taman yang  permai lantaran masih dihiasi dengan berbagai pohon tua yang besar dan rindang, juga tanaman-tanaman bunga yang indah dipandang. Sebagai arboetorium, Gembiraloka menyediakan lahan budidaya tanaman hutan yang dibiarkan tumbuh dan juga lahan persemaiannya. Berbagai tanaman ini memang tidak ditata rapih seperti kebun binatang pada umumnya dengan tujuan menampilkan suasana yang alami.

Bagi wisatawan yang mengajak putra-putrinya, selain memperoleh pengetahuan nyata tentang  berbagai fauna dan flora, di lingkungan kebun binatang tersedia kapal wisata menyerupai angsa yang dikayuh (biasa disebut genjot bebek). Bagi pengunjung yang belum pernah naik gajah, pengelola Gembiraloka menyediakan wahana rekreasi yang istimewa berupa jalan-jalan mengelilingi kebun  binatang dengan gajah yang sudah jinak. Selain gajah, pengunjung juga dapat menunggangi unta. Lebih dari itu, taman bermain untuk anak-anak dan sebuah gua replika juga tersedia sebagai asesori pendukung kebun  binatang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar